KEEFEKTIFAN STRATEGI BERPIKIR-BERBICARA-MENULIS (BBM) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Alinda, (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI BERPIKIR-BERBICARA-MENULIS (BBM) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alinda 09201241019.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis argumentasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Berpikir-Berbicara-Menulis (BBM) dan siswa yang tidak menggunakan strategi BBM pada siswa kelas XI jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Wonosari. Penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan keefektifan strategi BBM dalam pembelajaran menulis argumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Variabel yang digunakan ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penggunaan strategi BBM merupakan variabel bebas, sedangkan kemampuan siswa menulis argumentasi merupakan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah jurusan Akuntansi kelas XI di SMK Negeri 1 Wonosari. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel acak, yaitu menggunakan kertas undian. Sampel yang diperoleh kelas XI Akuntansi 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes menulis argumentasi. Analisis data eksperimen menggunakan uji-t. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen. Data penelitian tersebut selanjutnya diuji menggunakan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (3, 543 > 2, 00). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis argumentasi yang menggunakan strategi BBM dengan kemampuan menulis argumentasi tanpa menggunakan strategi BBM. Kenaikan skor rata-rata posttest kelompok eksperimen (13, 3) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (9, 35). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa strategi BBM terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Argumentasi, Strategi BBM
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:20
Last Modified: 18 Jun 2015 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20936

Actions (login required)

View Item View Item