KINERJA GURU DALAM BIDANG PEMBELAJARAN PASCA SERTIFIKASI DI SMK N 2 WONOSARI

Nurnaningsih, Nurnaningsih (2015) KINERJA GURU DALAM BIDANG PEMBELAJARAN PASCA SERTIFIKASI DI SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nurnaningsih Oto 09505242002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KINERJA GURU DALAM BIDANG PEMBELAJARAN PASCA SERTIFIKASI DI SMK N 2 WONOSARI Oleh Nurnaningsih NIM 09505242002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa baik tingkat kinerja guru dalam bidang pembelajaran pasca sertifikasi di SMK N 2 Wonosari pada aspek kompetensi pedagogik dan profesional. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah guru SMK N 2 Wonosari Program Keahlian Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur sebanyak 19 orang, jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, yang diambil 5 subjek tiap 1 guru. Objek peneltian ini berupa kinerja guru dalam bidang pembelajaran pasca sertifikasi di SMK N 2 Wonosari pada aspek kompetensi pedagogik dan profesional. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket. Validasi instrumen menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kinerja guru pada aspek kompetensi pedagogik adalah 69,64% termasuk kategori baik. Ditinjau dari tiap indikator: indikator yang termasuk kategori sangat baik adalah pengembangan kurikulum; indikator yang termasuk baik adalah (a) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, (b) pemanfaatan tehnologi pembelajaran, (c) pemahaman peserta didik, (d) evaluasi hasil belajar, (e) kemampuan mengelola pembelajaran; indikator cukup baik yaitu pengembangan peserta didik. Ditinjau dari umur: kategori umur yang termasuk baik adalah (a) umur 36 – 40, (b) umur 51 – 55, (c) umur 46 – 50, (d) umur 56 – 60 dan (e) umur 41 – 45. Ditinjau dari masa kerja: kategori masa kerja yang baik adalah (a) masa kerja 11- 20 tahun, (b) masa kerja 21 – 30 tahun, (c) masa kerja 1 – 10 tahun, dan (d) masa kerja 31 – 35 tahun. (2) Kinerja guru pada aspek kompetensi profesional adalah 85,23% termasuk kategori sangat baik. Ditinjau tiap indikator: Indikator yang termasuk baik adalah (a) memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum,(b) memahami hubungan konsep antar pelajaran terkait,(c) menerapkan konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari, (d) memahami struktur, konsep, dan metode keilmuan yang koheren dengan materi ajar. Ditinjau dari umur: Kategori umur yang termasuk sangat baik adalah (a) umur 36 – 40, (b) umur 51 – 55, (c) umur 46 – 50, (d) umur 56 – 60 dan (e) umur 41 – 45. Ditinjau dari masa kerja: Kategori masa kerja sangat baik adalah (a) masa kerja 11- 20 tahun, (b) masa kerja 21 – 30 tahun, (c) masa kerja 1 – 10 tahun, dan (d) masa kerja 31 – 35 tahun. Kata kunci: kinerja guru, pasca sertifikasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:21
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20934

Actions (login required)

View Item View Item