KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP N 2 MLATI

Utami, Wiwi Setio (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP N 2 MLATI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wiwi Setio Utami 08201244020.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi belajar tuntas (mastery learning) dan tanpa menggunakan strategi belajar tuntas (mastery learning) pada siswa kelas VIII SMP N 2 Mlati. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi belajar tuntas (mastery learning) dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP N 2 Mlati. Oleh karena itu, judul penelitian ini adalah “Keefektifan Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP N 2 Mlati”. Desain penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi belajar tuntas (mastery learning) dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Mlati Yogyakarta. Sampel penelitian adalah kelas VIII B dan VIII C. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman berbentuk tes objektif. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk dengan experts judgement. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik ujit dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor posttest membaca pemahaman siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol terdapat 16 siswa yang mendapat skor rendah, 18 siswa mendapat skor sedang, dan 2 siswa mendapat skor tinggi. Pada kelompok eksperimen tidak ada siswa yang mendapat skor rendah, 23 siswa mendapat skor sedang, dan 13 siswa mendapat skor tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thit sebesar -17.735 dengan df = 35, pada taraf signifikansi 5%. Selain itu, diperoleh nilai P sebesar 0.000. Nilai P menunjukkan lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil tersebut, maka strategi belajar tuntas (mastery learning) efektif digunakan pada pembelajaran membaca pemahaman di kelas VIII SMP N 2 Mlati Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi belajar tuntas (mastery learning), pembelajaran membaca pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 03:46
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20921

Actions (login required)

View Item View Item