KEEFEKTIFAN METODE LISTENING TEAM DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWAKELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID DAN SMP NEGERI 2 MERTOYUDAN MAGELANG

Carolina, Widya Mega (2013) KEEFEKTIFAN METODE LISTENING TEAM DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWAKELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA MUNGKID DAN SMP NEGERI 2 MERTOYUDAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Widya Mega Carolina 09201244055.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pembelajaran keterampilan berbicara melaporkan antara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan yang mendapat pembelajaran menggunakan metode listening team dengan kelas VII SMP Negeri 1 Kota Mungkid yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan metode listening team. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode listening team dalam pembelajaran keterampilan berbicara melaporkan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Mungkid dan SMP Negeri 2 Mertoyudan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 383 siswa yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Mungkid 191 siswa, dan SMP Negeri 2 Mertoyudan 192 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan teknik cluster random sampling, diperoleh: SMP Negeri 2 Mertoyudan Kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan SMP Negeri 1 Kota Mungkid Kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pretest dan posttest berbicara, sedangkan instrumen penelitian ini adalah tes berbicara. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgment. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan pembelajaran keterampilan berbicara melaporkan antara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode listening team dengan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota mungkid yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan metode listening team. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa kelompok kontrol dan eksperimen berbeda secara signifikan karena nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa (2) metode listening team efektif digunakan dalam pembelajaran berbicara melaporkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t pretest dan posttest kelompok eksperimen, diperoleh nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05). Selain itu, selisih skor rerata pretest ke posttest pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol yaitu 7,66 dengan skor rata-rata pretest sebesar 12,22 dan posttest sebesar 19,88 pada kelompok eksprerimen dan 0,20 dengan skor rata-rata pretest sebesar 12,45 dan posttest sebesar 12,65 pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: listening team, berbicara, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20920

Actions (login required)

View Item View Item