PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE-PLAYING GAME (RPG) MAKER XP UNTUK PEMBELAJARAN PEMAHAMAN STRUKTUR BAHASA BAGI SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sufiyati, Wahyu Nur (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE-PLAYING GAME (RPG) MAKER XP UNTUK PEMBELAJARAN PEMAHAMAN STRUKTUR BAHASA BAGI SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Nur Sufiyati 08201241038.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Indonesia dalam bentuk game bergenre RPG dengan memanfaatkan RPG Maker XP sebagai media pembelajaran latihan soal pemahaman struktur bahasa Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media dalam bentuk game bergenre RPG yang dibuat untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau yang dikenal Research and Development (R&D). Desain penelitian ini yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4-D (Four-D Models) yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian adalah siswa kelas IX F SMP 1 Kertek Wonosobo. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif terhadap kualitas media pembelajaran dari angket uji ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, guru, dan siswa sebagai pengguna. Skala penilaian yang digunakan dalam angket ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan guru adalah 1—5 yang dikonversikan sesuai kriteria penilaian, yaitu rentang 4,2—5 untuk kriteria sangat baik, 3,4—4,2 untuk kriteria baik, 2,6—3,4 untuk kriteria cukup, 1,8—2,6 untuk kriteria tidak baik, 0—1,8 untuk kriteria sangat tidak baik. Skala penilaian yang digunakan dalam angket siswa adalah 1—4 yang dikonversikan sesuai kriteria penilaian, yaitu rentang skor 3,25—4 untuk kriteria sangat baik, 2,5—3,24 untuk kriteria baik, 1,75—2,49 untuk kriteria tidak baik, dan 1—1,74 untuk kriteria sangat tidak baik. Hasil penelitian dari validasi produk sebagai berikut: (1) Validasi ahli materi I menghasilkan skor 4,67 untuk aspek kesesuaian soal, 4,50 untuk aspek penyajian soal, dan 4,50 untuk aspek cakupan soal, ketiga skor tersebut mengindikasikan kategori sangat baik. (2) Validasi ahli media I menghasilkan 4,07 untuk aspek tampilan game, 4,20 untuk aspek pemrograman game, dan 4,00 untuk aspek side produk (buku panduan game), ketiga skor tersebut mengindikasikan kategori baik. (3) Validasi ahli media II menghasilkan skor 4,43 untuk aspek tampilan game, 4,60 untuk aspek pemrograman game, dan 4,50 untuk aspek side produk (buku panduan game), ketiga skor tersebut mengindikasikan kategori sangat baik. (4) Validasi pengguna tahap II menghasilkan skor 3,53 untuk aspek isi/materi, 3,84 untuk aspek spesifikasi dan tampilan produk, dan 3,94 untuk aspek pembelajaran, ketiga skor tersebut mengindikasikan kategori sangat baik. Media pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan layak untuk digunakan melalui validasi ahli dan pengguna. Oleh sebab itu, media ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif alat bantu pembelajaran khusunya untuk pembelajaran latihan soal pemahaman struktur bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, struktur bahasa, game RPG
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 03:39
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20917

Actions (login required)

View Item View Item