KEEFEKTIFAN TEKNIK PAPAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL

Sari, Timur Anggita (2013) KEEFEKTIFAN TEKNIK PAPAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Timur Anggita Sari 09201241043.pdf

Download (62MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan keterampilan menulis narasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik papan cerita dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik papan cerita. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik papan cerita dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan, Bantul. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelompok kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Validitas yang dilakukan adalah validitas isi dengan expert judgement dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes menulis narasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varians data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penghitungan uji-t nilai tes akhir kelompok kontrol dan nilai tes akhir kelompok eksperimen menghasilkan t hitung 4,716 dengan db 70 diperoleh nilai p=0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p=0,000<0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik papan cerita dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa teknik papan cerita. Hasil uji-t nilai tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen menghasilkan t hitung sebesar 10,804 dengan db 35 dan nilai p=0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik papan cerita efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan, Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: papan cerita, menulis narasi, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 03:33
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20915

Actions (login required)

View Item View Item