KEEFEKTIFAN STRATEGI PENGAJARAN EKSPLISIT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GOMBONG

Yuniarti, Sunji (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PENGAJARAN EKSPLISIT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 GOMBONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sunji Yuniarti 09201244012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar menggunakan strategi pengajaran eksplisit dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pengajaran eksplisit pada siswa kelas VII SMP N 3 Gombong. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan strategi pengajaran eksplisitdalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP N 3 Gombong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Pada penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi pengajaran eksplisit dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Gombong. Teknik penyampelan yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman berbentuk tes objektif. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir. Validitas dan reliabilitas butir soal tes dihitung dengan bantuan komputer program Iteman. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis uji normalitas dengan teknik Komolgrov-Smirnov dan uji homogenitas dengan teknik one way anova menunjukkan bahwa skor tes awal dan tes akhir berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis uji-t data tes akhir kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai thitungsebesar -2,070, P sebesar 0,043 (0,043<0,05=signifikan) dengan df=62. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar menggunakan strategi pengajaran eksplisit dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pengajaran eksplisit. Hasil uji-t tes awal dan tes akhir kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai thitung sebesar -7,673, P sebesar 0,000 (0,000<0,05=signifikan) dengan df=31 serta kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 3,81 sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 1,37. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi pengajaran eksplisit efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP N 3 Gombong.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi, pengajaran eksplisit, membaca, pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20913

Actions (login required)

View Item View Item