KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY WRITING MAP BERBANTUAN MEDIA WORDLESS PICTURE BOOKS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Nurjani, Saida (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY WRITING MAP BERBANTUAN MEDIA WORDLESS PICTURE BOOKS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Saida Nurjani 09201244053.pdf

Download (225MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan menulis dongeng antara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok Sleman dalam pembelajaran menulis dongeng yang menggunakan strategi Story Writing Map berbantuan media Wordless Picture Books dengan yang tidak menggunakan strategi Story Writing Map berbantuan media Wordless Picture Books, dan (2) mengetahui keefektifan strategi Story Writing Map berbantuan media Wordless Picture Books dalam pembelajaran menulis dongeng pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok Sleman. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi Story Writing Map berbantuan media Wordless Picture Books dan variabel terikat berupa pembelajaran menulis dongeng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok Sleman yang terbagi dalam 4 kelas, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan pembagian 1 kelas sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yaitu dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yang berupa tes menulis dongeng. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 3,729 dengan db 61 dan p sebesar 0,000. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan strategi Story Writing Map berbantuan media Wordless Picture Books dalam pembelajaran menulis dongeng dan kelompok yang tidak menggunakan strategi Story Writing Map berbantuan media Wordless Picture Books dalam pembelajaran menulis dongeng. Hal ini menunjukkan bahwa menulis dongeng menggunakan strategi Story Writing Map berbantuan media Wordless Picture Books lebih efektif daripada menulis dongeng tanpa menggunakan strategi Story Writing Map berbantuan media Wordless Picture Books.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi Story Writing Map, media Wordless Picture Books, keterampilan menulis dongeng
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20912

Actions (login required)

View Item View Item