KEEFEKTIFAN STRATEGI KOOPERATIF CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI DONGENG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KLATEN

Kusumawati, Ratih (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI KOOPERATIF CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI DONGENG SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ratih Kusumawati 09201241074.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan menulis kembali dongeng yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran mengggunakan strategi kooperatif CIRC dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan strategi kooperatif CIRC pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Klaten; (2) menguji keefektifan strategi kooperatif CIRC dalam pembelajaran menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 5 Klaten. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi kooperatif CIRC dan variabel terikat berupa keterampilan menulis kembali dongeng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Klaten yang terbagi menjadi 8 kelas, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan pembagian 1 kelas sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yaitu dengan cara mengundi, ditetapkan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menulis kembali dongeng. Validitas instrumen berupa validitas isi yang dikonsultasikan kepada bidang yang bersangkutan, guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 5 Klaten (expert judgement). Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai t hitung sebesar 4,994 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung sebesar 8.474 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut: (1) ada perbedaan kemampuan menulis kembali dongeng yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan strategi CIRC dengan yang tidak menggunakan strategi CIRC; (2) strategi kooperatif CIRC efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kembali dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 5 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Strategi kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), Keterampilan menulis kembali dongeng
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 03:14
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20911

Actions (login required)

View Item View Item