Widyaningsih, Minati Sri (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY RETELLING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGUNTORONADI KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Minati Sri Widyaningsih 09201241045.PDF Download (25MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman cerpen yang signifikan antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nguntoronadi yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi story retelling dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nguntoronadi yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi story retelling, (2) menguji keefektifan strategi story retelling dalam pembelajaran membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nguntoronadi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nguntoronadi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIID sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIE sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan dengan pretest dan posttest yang dilakukan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan bantuan komputer program iteman. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis uji-t independen data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh th sebesar 2,577 dan p sebesar 0,013. Hasil uji-t berhubungan kelompok eksperimen diperoleh th sebesar 5,159 dan p sebesar 0,000. Kenaikan rerata kelompok eksperimen sebesar 2,82 dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol 0,68. Berdasarkan data tersebut simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman cerpen yang signifikan antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nguntoronadi yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi story retelling dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nguntoronadi yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi story retelling, (2) strategi story retelling efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nguntoronadi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | story retelling, membaca pemahaman cerpen, SMP |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 18 Jun 2015 03:06 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20909 |
Actions (login required)
View Item |