KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS XI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO

Apriyani, Lina (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS XI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lina Apriyani 08201244077.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Questions Into Paragraphs (QUIP). Selain itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan keefektifan strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas XI SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo yang terbagi dalam 13 kelas. Sampel penelitian adalah siswa XI AK1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AP1 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian tersebut dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman penilaian menulis deskripsi. Validitas yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach yang menunjukkan hasil 0,623, sehingga dinyatakan reliabel. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Questions Into Paragraphs (QUIP), hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa t hitung (th) sebesar 6,962 dengan db 34 dan nilai p sebesar 0,000 sehingga nilai p lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). Strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel berhubungan berupa t hitung (th) sebesar 10,181 dengan db 34 dan nilai p sebesar 0,000 sehingga nilai p lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi, QUIP, menulis, deskripsi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 03:02
Last Modified: 18 Jun 2015 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20907

Actions (login required)

View Item View Item