PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBICARA SEMESTER GENAP PADA KELAS XI AKSELERASI SMA NEGERI 1 PURWOREJO

Kartika, Lia Nur (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBICARA SEMESTER GENAP PADA KELAS XI AKSELERASI SMA NEGERI 1 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lia Nur Kartika 09201244076.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Tujuan pertama, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbicara di kelas XI akeselerasi SMA N 1 Purworejo. Kedua, mendeskripsikan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran berbicara semester genap pada kelas XI akselerasi SMA N 1 Purworejo. Ketiga, mengetahui usaha guru untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berusaha memotret fenomena alamiah yang terjadi di lapangan kemudian mengkaji dan menganalisis secara objektif berdasar fakta yang ada. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan 21 orang siswa kelas XI akselerasi. Sementara objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran berbicara semester genap pada kelas XI akselerasi SMA N 1 Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara responden, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi. Penentuan kredibilitas penelitian dengan memperpanjang keikutsertaan, triangulasi, dan diskusi lebih mendalam bila terdapat ketidaksamaan data. Hasil penelitiannya sebagai berikut. Pelaksanaan pembelajaran berbicara dilihat dari komponen pembelajarannya: (1) siswa berperan sebagai subjek pembelajaran yang aktif, kreatif, dan mandiri; (2) guru berperan sebagai fasilitator, motivator, informator, organisator, konselor dan evaluator; (3) tujuan pembelajaran diambil dari indikator setiap SKKD dikompetensi berbicara; (4) materi pembelajaran berupa materi tentang diskusi, penokohan dalam drama, langkah dalam presentasi, langkah dalam kegiatan seminar, dan cara penulisan laporan penelitian; (5) strategi pembelajaran yang digunakan adalah model PARTINEMKU; (6) metode pembelajaran yang digunakan antara lain ceramah, tanya jawab, presentasi, diskusi, dan demonstrasi/ pemeragaan model; (7) media pembelajaran yang digunakan yaitu rekaman video, surat kabar, internet, slide show, buku konvensional, maupun perpustakaan; dan (8) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penilaian performansi menggunakan rubrik penilaian. Hambatan guru dalam pembelajaran berbicara yaitu (1) siswa masih menggunakan bahasa tidak baku dalam praktik berbicara; (2) siswa yang pasif dalam pembelajaran berbicara; (3) jangka waktu yang pendek untuk menyelesaikan materi; dan (4) jenis penilaian yang rentan subjektifitas. Usaha guru untuk mengatasi hambatan yaitu (1) menegur siswa dan berusaha mengingatkan; (2) memancing siswa dengan pertanyaan sehingga siswa terpancing untuk berbicara; (3) menambah jam diluar pelajaran atau meminjam jam pelajaran lain; dan (4) meminta bantuan siswa lain untuk ikut menilai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran, komponen pembelajaran, hambatan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:55
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20906

Actions (login required)

View Item View Item