KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK REFLEKTIF BERBANTUAN MEDIA VIDEO KLIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MERTOYUDAN, MAGELANG

Khasanah, Khuswatun (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK REFLEKTIF BERBANTUAN MEDIA VIDEO KLIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MERTOYUDAN, MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Khuswatun Khasanah 09201244058.PDF

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis kreatif puisi yang signifikan antara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan, Magelang yang menggunakan dan yang tidak menggunakan teknik reflektif berbantuan media video klip, dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan teknik reflektif berbantuan media video klip dalam pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan, Magelang yang terdiri dari 6 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIIIA sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen. Masing-masing kelompok sampel terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pretes dan postes menulis kreatif puisi, sedangkan instrumen penelitian ini adalah soal tes esai. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgment. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis kreatif puisi yang signifikan antara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan, Magelang yang menggunakan dan yang tidak menggunakan teknik reflektif berbantuan media video klip. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga dinyatakan signifikan. Kedua, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa teknik reflektif berbantuan media video klip efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan, Magelang. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t pada selisih skor pretes ke postes serta selisih rata-rata hitung kemampuan menulis kreatif puisi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh nilai p lebih kecil daro 0,05 (0,000<0,05) sehingga signifikan. Selain itu, selisih pemerolehan rata-rata hitung pada kelompok eksperimen pada saat pretes dan postes lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Hasil selisih rata-rata hitung pada kelompok eksperimen adalah sebesar 3,97 sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 0,51.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik reflektif berbantuan media video klip, kemampuan menulis kreatif puisi, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:52
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20905

Actions (login required)

View Item View Item