KEEFEKTIFAN STRATEGI KONSEP KALIMAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH

Prihastuti, Is (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI KONSEP KALIMAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Is Prihastuti 09201241039.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Keefektifan Strategi Konsep Kalimat dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganom Klaten Provinsi Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan menulis argumentasi dengan penerapan strategi Konsep Kalimat dan menulis argumentasi tanpa penerapan strategi Konsep Kalimat. Kedua, untuk menguji keefektifan strategi Konsep Kalimat dalam pembelajaran menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi Konsep Kalimat dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis argumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XA, XB, XC, XD, XE, XF, XG, XH, dan XI dengan jumlah 306 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas XC dengan jumlah 34 siswa merupakan kelompok kontrol dan kelas XA dengan jumlah 34 siswa merupakan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa menulis argumentasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikasi 5%. Hasil penghitungan uji-t diperoleh signifikasinya kurang dari taraf kesalahan 5% (0,003<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis argumentasi yang menggunakan strategi Konsep Kalimat dengan kemampuan menulis argumentasi tanpa menggunakan strategi Konsep Kalimat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi Konsep Kalimat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsep Kalimat, Kemampuan Menulis Argumentasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20904

Actions (login required)

View Item View Item