PENGGUNAAN MEDIA TRAILER FILM DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X D SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Nugroho, Hamdan (2013) PENGGUNAAN MEDIA TRAILER FILM DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X D SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hamdan Nugroho 07201241024.pdf

Download (141MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X D SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan media Trailer Film. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X D SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Alur penelitian ini meliputi (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan penilaian keterampilan menulis cerpen. Data penelitian ini meliputi data proses dan produk. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Reliabilitas dalam penelitian ini adalah dengan cara menyajikan data asli seperti catatan lapangan, transkrip wawancara, lembar observasi, foto-foto dokumentasi, dan lembar penilaian. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media trailer film di kelas X D SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta meningkatkan pembelajaran menulis cerpen. Penggunaan media tersebut juga meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X D SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dengan adanya perubahan sikap siswa pada proses pembelajaran. Siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran menulis cerpen. Kedua, peningkatan keterampilan terjadi pada setiap aspek penilaian, yaitu aspek gagasan, fakta cerita, penggunaan sarana cerita, ejaan, dan paragraf dari tahap pratindakan hingga siklus II. Keterampilan menulis cerpen siswa rata-rata pada pratindakan sebanyak 59,22 poin. Setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 65,62 poin atau meningkat sebesar 6,4 poin. Pada siklus II skor menjadi 78,24. Peningkatannya sebesar 12,62 poin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cerpen, media pembelajaran, trailer film, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:39
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20902

Actions (login required)

View Item View Item