KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI CT-RAs (CREATIVE THINKING-READING ACTIVITIES) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NGAGLIK, SLEMAN

Arvianto, Faizal (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI CT-RAs (CREATIVE THINKING-READING ACTIVITIES) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NGAGLIK, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Faizal Arvianto 09201244045.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi CT-RAs dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi CT-RAs pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngaglik. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi CT-RAs dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngaglik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain pretest posttest control group. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling (penyampelan secara acak berdasarkan klaster) untuk menentukan sampel kelas. Berdasarkan hasil undian, kelas XI IPS 3 terpilih sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Validitas instrumen berupa validitas isi dan validitas construct. Validitas isi untuk mengetahui seberapa isi instrumen sudah memenuhi kesesuaian dengan kisi-kisi. Validitas construct dilakukan dengan mengkonsultasikan isi instrumen kepada ahlinya (Expert Judgement). Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan alpha pada program iteman dan diperoleh nilai sebesar 0,853. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian persyaratan analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t data posttest kemampuan membaca pemahaman kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh thitung sebesar 7,729 dengan df = 66, dan p = 0,000. Nilai p lebih kecil daripada taraf signifikansi sebesar 5% (0,000 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman, antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi CT-RAs dengan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi strategi CT-RAs pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngaglik. Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kemampuan membaca pemahaman pada kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 0,258 dengan df = 31 dan p = 0,798. Nilai p lebih besar dari taraf signifikansi 5% (0,798 > 0,05). Selanjutnya hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kemampuan membaca pemahaman pada kelas eksperimen diperoleh thitung sebesar 14,758 dengan df = 35 dan p = 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi CT-RAs terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngaglik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, CT-RAs, membaca, pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:35
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20901

Actions (login required)

View Item View Item