PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN UNTUK PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMKN 1 SEDAYU BANTUL

Nur Alfian, Sasmayaputra (2015) PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN UNTUK PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMKN 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
NUR ALFIAN SASMAYAPUTRA 11505244006.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN UNTUK PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMKN 1 SEDAYU BANTUL Oleh: Nur Alfian Sasmayaputra NIM. 11505244006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui prosedur pengembangan dan pembuatan Modul Pembelajaran Konstruksi Bangunan bagi siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sedayu Bantul.(2) mengetahui kelayakan Modul Pembelajaran Konstruksi Bangunan bagi siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN1 Sedayu Bantul. (3) mengetahui dampak instruksional dari penggunaan Modul Pembelajaran Konstruksi Bangunan berupa ketuntasan hasil belajar dan peningkatan rata-rata kelas. (4) mengetahui dampak pengiring dari penggunaan Modul Pembelajaran Konstruksi Bangunan berupa peningkatan perilaku positif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan model pengembangan “Four-D” Thiagarajan berupa tahap : pendifisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Produk diujicobakan di kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sedayu Bantul. Uji coba kelas sebanyak empat pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa angket dan soal tes. Angket untuk validasi ahli dan penilaian perilaku positif, Tes untuk penilaian hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik diskriptif. Hasil penelitian: (1) prosedur pembutan Modul Pembelajaran Konstruksi Bangunan melalui: Define (menganalisis kebutuhan modul), Design (pengumpulan referensi materi, menyusun modul), Develop (validasi produk dan uji coba produk). Disseminate (penyebaran produk) (2) modul Pembelajaran Konstruksi Bangunan yang dikembangkan menurut penilaian ahli materi memperoleh skor (85,81) kriteria “sangat layak” dan menurut penilaian ahli media memperoleh skor (82,32) kriteria “sangat layak”. (3) Dampak instruksional berupa ketentutasan hasil belajar siswa meningkat dari (71,87%) (tes 1) menjadi (84,37%) (tes 4) ,dampak instruksional berupa peningkatan rata-rata kelas dengan interval test 1-test 4 meningkat sebesar (9,38%). (4) Dampak pengiring, telah terjadi perubahan perilaku positif siswa sebesar (2,984%) antara sebelum dan setelah penggunaan Modul Pembelajaran Konstruksi Bangunan. Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran konstruksi bangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:37
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20900

Actions (login required)

View Item View Item