KEEFEKTIFAN METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SEYEGAN SLEMAN

Widyaninggar, Erma (2013) KEEFEKTIFAN METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Erma Widyaninggar 06201244034.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis kreatif puisi antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan metode suggestopedia dan siswa yang mendapatkan pembelajaran menulis kreatif puisi tanpa menggunakan metode suggestopedia. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode suggestopedia dalam pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII SMPN 1 Seyegan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah The Randomized Pretest – Posttest Group Design. Variabel penelitian yaitu variabel bebas berupa metode suggestopedia dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis kreatif puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIID. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dan ditetapkan kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIID sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes essay. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach dengan alpha 0,732. Validitas isi dengan expert judgement. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis kreatif puisi antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan metode suggestopedia dan siswa yang mendapatkan pembelajaran menulis kreatif puisi tanpa menggunakan metode suggestopedia. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil perhitungan uji-t diperoleh df 62, nilai p=0,040 < 0,05. Pembelajaran menulis kreatif puisi lebih efektif menggunakan metode suggestopedia daripada pembelajaran menulis kreatif puisi tanpa menggunakan metode suggestopedia. Hal ini ditunjukkan oleh skor rerata pretest eksperimen 19,78, dan skor rerata posttest eksperimen 22,28, yang berarti terjadi peningkatan sebesar 2,5. Skor rerata pretest kontrol 18,91 dan skor rerata posttest kontrol 20,91, yang berarti terjadi peningkatan sebesar 2. Selisih peningkatan skor rata-rata kedua kelompok sebesar 0,50.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, metode suggestopedia, pembelajaran menulis kreatif puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:31
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20899

Actions (login required)

View Item View Item