KEEFEKTIFAN STRATEGI KEGIATAN MEMBACA BERKELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL

Sukrisetyani, Dyah (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI KEGIATAN MEMBACA BERKELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dyah Sukrisetyani 09201241024.PDF

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Tujuan pertama untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Kegiatan Membaca Berkelompok dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Kegiatan Membaca Berkelompok. Tujuan kedua penelitian ini untuk menguji keefektifan strategi Kegiatan Membaca Berkelompok dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi Kegiatan Membaca Berkelompok, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan membaca pemahaman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA se-Kecamatan Bantul. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 3 Bantul sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 SMAN 3 Bantul sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas butir dan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis uji-t data tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai th sebesar 2,440, p sebesar 0,018 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Kegiatan Membaca Berkelompok dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Kegiatan Membaca Berkelompok. Kenaikan skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 1,60, sedangkan kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 3,24. Hasil uji-t kenaikan skor rata-rata (gain skor) tersebut diperoleh nilai th sebesar 2,996, p sebesar 0,004 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan strategi Kegiatan Membaca Berkelompok terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, strategi Kegiatan Membaca Berkelompok
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20897

Actions (login required)

View Item View Item