KORELASI ANTARA KEBIASAAN MENYIMAK WAWANCARA DAN KEBIASAAN MENYIMAK BERITA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK SLEMAN

Rini, Ayu Sekar (2013) KORELASI ANTARA KEBIASAAN MENYIMAK WAWANCARA DAN KEBIASAAN MENYIMAK BERITA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ayu Sekar Rini 09201244030.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak wawancara dengan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik Sleman; (2) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan menulis berita siswa berita siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik Sleman; dan (3) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak wawancara dan kebiasaan menyimak berita bersama-sama dengan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan model korelasional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se- Kecamatan Ngaglik Sleman dengan jumlah sampel 250 atau 43,9% dari jumlah populasi sebanyak 569. Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach. Uji coba instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan jumlah 40 butir soal untuk kebiasaan menyimak wawancara dan 40 butir soal untuk kebiasaan menyimak berita. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5% dan analisis regresi dua prediktor. Analisis data meliputi persyaratan analisis yang berupa uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak wawancara dengan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik Sleman dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,707>0,138) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik Sleman dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,647>0,138) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak wawancara dan kebiasaan menyimak berita secara bersama-sama dengan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik Sleman, rhitung lebih besar dari rtabel (0,759>0,143) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan menyimak wawancara, kebiasaan menyimak, berita, menulis berita
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:11
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20890

Actions (login required)

View Item View Item