KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMETAAN KARAKTER CERITA TERHADAP KEMAMPUANMEMBACA PEMAHAMAN NOVEL REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Prasanty, Arum Berliana (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMETAAN KARAKTER CERITA TERHADAP KEMAMPUANMEMBACA PEMAHAMAN NOVEL REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, u.

[img]
Preview
Text
Arum Berliana Prasanty 09201241040.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan perbedaan kemampuan membaca pemahaman novel remaja antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, (2) membuktikan keefektifan strategi Pemetaan Karakter Cerita terhadap pembelajaran membaca pemahaman novel remaja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik penyampelan yang digunakan adalah cluster random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan tes yang berupa pretest dan posttest. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Semua butir tes yang digunakan (30) valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian. Dari penghitungan tersebut, terbukti bahwa skor pretest dan posttest kedua kelompok normal dan homogen. Berdasarkan analisis Uji-t data posttest kemampuan membaca pemahaman novel remaja kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung sebesar 2,107, p sebesar 0,039 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman novel remaja dengan menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman novel remaja tanpa menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis Uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 10,954, dengan df=35 dan p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil daripada taraf kesalahan 0,05 (0,000<0,05). Hasil Uji-t tersebut menunjukkan bahwa strategi Pemetaan Karakter Cerita efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman novel remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi pemetaan karakter cerita, membaca pemahaman, novel remaja
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 23:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20882

Actions (login required)

View Item View Item