KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS

Syarif, Anwar (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anwar Syarif 08201244076.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran membaca cerpen antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran CIRC dan kelompok siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tambak. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca cerpen siswa SMP Negeri 2 Tambak sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CIRC. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 204 siswa dan terbagi dalam 6 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelompok kontrol, sedangkan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda dilakukan sebanyak dua kali (pretest-posttest). Sebagai ukuran peningkatan keberhasilan siswa dalam membaca cerpen sebelum mendapatkan perlakuan (treatment) dan setelah pembelajaran dilakukan. Pengujiannya menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS 16.0. Hasil analisis data yang dilakukan pada skor kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa mean kemampuan membaca cerpen siswa kelompok kontrol pada saat tes awal sebesar 33,2941 sedangkan kelompok eksperimen sebesar 32,0000. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t diperoleh t-hitung sebesar 1,135 dan F sebesar 0,261 dengan df 66 taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti t-tabel lebih besar dari t-hitung, maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan. Kedua skor rerata kemampuan membaca cerpen siswa setelah menggunakan model pembelajaran CIRC dan tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC diperoleh mean pada saat tes akhir sebesar 35,3529 pada kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen sebesar 38,7092. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t diperoleh t-hitung sebesar 3,522 dan F sebesar 0,001 dengan df 66 taraf signifikansi 5%, hal ini berarti t-tabel lebih kecil daripada t-hitung maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Dari hasil uji-t yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tambak, Banyumas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, penggunaan model CIRC, membaca cerpen, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 01:54
Last Modified: 29 Jan 2019 23:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20879

Actions (login required)

View Item View Item