KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA TEKS BIOGRAFI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KALORAN TEMANGGUNG

Prihani, Ana Gustin (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA TEKS BIOGRAFI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KALORAN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ana Gustin Prihani 08201244069.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan keterampilan berbicara menceritakan tokoh idola antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan media teks biografi dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media teks biografi pada siswa kelas VII SMP N 1 Kaloran Temanggung. Tujuan yang kedua yaitu menguji keefektifan penggunaan media teks biografi dalam pembelajaran berbicara untuk menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMP N 1 Kaloran Temanggung. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas (media biografi) dan variabel terikat (berbicara menceritakan tokoh idola). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas VII SMP N 1 Kaloran Temanggung dan siswa siswi kelas VII SMP N 5 Temanggung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling untuk menetukan kelompok kontrol (VII C SMP N 5 Temanggung ) dan kelompok eksperimen (VII C SMP N 1 Kaloran Temanggung). Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Validitas instrumen adalah validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas yang sepenuhnya dibantu dengan program SPSS versi 13. Hasil penelitian ini ada dua, yaitu (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara menceritakan tokoh idola antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan media teks biografi dan siswa yang mendapat embelajaran tanpa menggunakan media teks biografi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang menunjukkan bahwa t hitung 6,53 db= 59 dan harga p= 0,00. Harga p< 0,05. (2) penggunaan media teks biografi dalam pembelajaran berbicara menceritakan tokoh idola lebih efektif daripada pembelajaran tanpa menggunakan media teks biografi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan t hitung sebesar 7,19 dengan db=31, nilai p=0,00 harga p <0,05. Hasil analisis data skor pretest dan posttest kelompok kontrol menujukkan t hitung 0,091 dengan db=28, nilai p=0,928 harga p>0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media teks biografi dan berbicara menceritakan tokoh idola
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 01:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20875

Actions (login required)

View Item View Item