KEEFEKTIFAN PROSEDUR MEMBACA TERBIMBING (GUIDED READING PROCEDURE) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GOMBONG

Lestari, Ana Dwi (2013) KEEFEKTIFAN PROSEDUR MEMBACA TERBIMBING (GUIDED READING PROCEDURE) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GOMBONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ana Dwi Lestari 09201241064.PDF

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan prosedur membaca terbimbing dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan prosedur membaca terbimbing; (2) menguji apakah prosedur membaca terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gombong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gombong. Berdasarkan teknik simple random sampling ditetapkan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi. Validitas dan reliabilitas butir soal dihitung dengan bantuan komputer program Iteman. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 20 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 4,295 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 5,244 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan prosedur membaca terbimbing dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan prosedur membaca terbimbing; (2) prosedur membaca terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gombong.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: guided reading procedure, membaca terbimbing, membaca pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Jun 2015 01:36
Last Modified: 29 Jan 2019 23:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20874

Actions (login required)

View Item View Item