PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI MEDIA GAMBAR DAN VIDEO DALAM METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 1 MANISRENGGO KLATEN

Aprinurani, Widuri Fitri (2013) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI MEDIA GAMBAR DAN VIDEO DALAM METODE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 1 MANISRENGGO KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Widuri Fitri Aprinurani 09209241029.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Manisrenggo Klaten, melalui media gambar dan video dalam metode examples non examples.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B berjumlah 37 siswa. Setting penelitian berlangsung di SMP Negeri 1 Manisrenggo Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan, dengan prosedur: (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalahcatatan lapangan, ulangan harian dan catatan siswa. Personalia dalam penelitian ini adalah peneliti, siswa kelas VIII B, dan kolaborator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitianini menunjukan bahwa, pembelajaran selama dua siklus mengalami peningkatan aktivitas yang signifikan. Hal tersebut terbukti dalam pelaksanaan tindakan selama dua siklus menunjuk peningkatan hasil ulangan harian siswa yaitu (1) evaluasi tertulis: sebelum tindakan nilai rata-rata 60 dengan siswa yang aktif 18,92%,siklus Ipertemuan ke2 nilai rata-rata 77,7 dengan siswa yang aktif 24,32%, pertemuan ke4 nilai rata-rata 88,1 dengan siswa yang aktif 51,35%, siklus IIpertemuan ke1 nilai rata-rata 97,8 dengan siswa yang aktif 54,05%, pertemuan ke2 nilai rata-rata 98,6 dengan siswa yang aktif 67,56%. (2) evaluasi ketrampilan berbicara didepan kelas: siklus I nilai rata-rata berpasangan 74,7 dan individu 74,6 dengan siswa yang aktif 49,94%, siklus II nilai rata-rata kelompok 85 dan individu 84,9 dengan siswa yang aktif 94,59%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode example non examples dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil pembelajaran seni tari, media gambar dan video,metode examples non exmaples
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:45
Last Modified: 17 Jun 2015 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20870

Actions (login required)

View Item View Item