PENINGKATAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMP NEGERI 5 KARANGANYAR

Suparti (2013) PENINGKATAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMP NEGERI 5 KARANGANYAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Suparti 12209247003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kreativitas siswa karena, rendahnya minat belajar siswa diakibatkan oleh suasana pembelajaran yang masih bersifat teacher centered. Melalui penerapan metode pembelajaran Jigsaw diharapkan dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran seni tari yang berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Karanganyar. Setting penelitian ini adalah di SMP Negeri 5 Karanganyar yang terletak di jalan Lawu no 365 Karanganyar, Jawa Tengah. Penelitian berlangsung dari bulan Mei-Juli. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, tes serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan tinadakan kelas yang terdiri 2 siklus. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian, angket, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: setelah menerapkan metode pembelajaran Jigsaw (1) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran seni tari pada materi tari Golek Manis dan (2) Dapat menumbuhkan kreativitas siswa dan lebih tertarik serta semangat dalam mengikuti pembelajaran seni tari. Hal tersebut menunjukkan tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran mengalami kenaikan yang signifikan. Prestasi siswa meningkat sebelum tindakan yang tuntas 10 siswa atau 31,25%, pada akhir siklus II yang tuntas menjadi 31 siswa atau 96,87%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, kreativitas, pembelajaran seni tari, t ipe Jigsaw
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:38
Last Modified: 29 Jan 2019 23:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20866

Actions (login required)

View Item View Item