PENINGKATAN KETRAMPILAN MENARI TARI GAMBYONG PAREANOM DENGAN MENGGUNAKAN AUDIO VIDEO VISUAL BAGI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR

Sulastri (2013) PENINGKATAN KETRAMPILAN MENARI TARI GAMBYONG PAREANOM DENGAN MENGGUNAKAN AUDIO VIDEO VISUAL BAGI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sulastri 12209247020.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan ketrampilan menari tari gambyong pareanom dengan menggunakan audio video bagi siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dilaksanakan pada April sampai dengan Juni 2013. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar yang berjumlah 28 orang siswa. Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan, terdapat 4 tahap yaitu : 1) Perencanaan, 2) Implementasi tindakan, 3) Observasi, 4) Evaluasi dan refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketrampilan menari siswa dari siklus I ke siklus II yang dibuktikan dengan : a) peningkatan skor rata-rata pada siklus I memperoleh skor rata-rata 70,89 dan pada siklus II naik menjadi skor rata-rata 73,57 berarti naik sebesar 2,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ketrampilan menari, audio video
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:30
Last Modified: 29 Jan 2019 23:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20864

Actions (login required)

View Item View Item