PENINGKATAN MINAT BELAJAR TARI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR

Kristati, Sri (2013) PENINGKATAN MINAT BELAJAR TARI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sri Kristati 12209247015.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar tari melalui pemanfaatan media audio visual, dalam upaya peningkatan minat belajar difokuskan pada materi tari tradisi gaya Surakarta berkaitan dengan pencapaian ketuntasan dan peningkatan hasil belajar. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2013 . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Jumapolo Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 21 siswa.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus atau 2 putaran, pada siklus I dilakukan dalam lima kali pertemuan dan siklus II dilakukan dalam tiga kali pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Data diperoleh melalui observasi atau pengamatan, wawancara, dan tes unjuk kerja, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil penerapan metode pembelajaran dengan pemanfaatan media audio visual. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan nilai dari rata-rata 70,71 terjadi peningkatan pada siklus I menjadi rata-rata 75,62 dan rata-rata 77,81 pada siklus II. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran tari melalui pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar siswa terbukti dengan adanya peningkatan nilai siswa yang telah mencapai batas KKM yaitu 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat belajar tari, media audio visual
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20863

Actions (login required)

View Item View Item