PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN EKSPLORASI GERAK TARI DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII C SEMESTER I SMPN 2 GIRISUBO GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Purworujito (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN EKSPLORASI GERAK TARI DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII C SEMESTER I SMPN 2 GIRISUBO GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Purworujito 10209247003.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan proses pembelajaran tari melalui eksplorasi gerak dengan pendekatan Cooperative Learning model Jigsaw sehingga pembelajaran seni tari di SMPN 2 Girisubo Gunungkidul meningkat kreativitasnya. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan Oktober 2012 sampai dengan Desember 2012 dalam 3 siklus. Siklus I, II, dan III eksplorasi gerak tari untuk meningkatkan kreativitas masing-masing siklus. Tahapannya (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) monitoring, (4) evaluasi dan refleksi. Penerapan pendekatan model Jigsaw yaitu: persiapan, penyampaian materi, praktek, dan penampilan hasil. Setiap tatap muka terdiri atas beberapa sesi imitatif, kerja kelompok, bebas, dan penampilan hasil. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) siswa mengikuti pembelajaran dengan baik sampai akhir siklus, (b) Aktivitas pembelajaran meningkat ditandai dengan antusias siswa dengan baik dan kerja kelompok yang kompak. c) Kreativitas siswa meningkat ditandai dengan eksplorasi gerak dan mencoba memakai rangsang eksplorasi, sehingga di akhir siklus siswa mampu menampilkan gerak hasil eksplorasi dan menggabungkannya menjadi sebuah ragam yang ditata menjadi bentuk tari. d) Meningkatkan percaya diri, siswa berani menampilkan hasil belajarnya pada setiap pertemuan, e) Penerapan model Jigsaw membuat proses pembelajaran tidak monoton sehingga menyenangkan. Dari hasil angket diketahui bahwa siswa senang dengan pendekatan pembelajaran yang di terapkan yakni Cooperative Learning model Jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: eksplorasi gerak, cooperative learning, jigsaw
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:16
Last Modified: 29 Jan 2019 23:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item