PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARI REBANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

Budi, Pertiwi Teguh (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARI REBANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pertiwi Teguh Budi 12209247022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tari rebana dengan menggunakan metode Jigsaw pada siswa kelas VIII A SMP Muhamadiyah 2 Surakarta. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dilaksanakan Mei sampai dengan Juli 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhamadiyah 2, Surakarta yang berjumlah 31 orang siswa. Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan, terdapat 4 tahap yaitu : 1) Perencanaan, 2) Implementasi tindakan, 3) Observasi, 4) Evaluasi dan refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II yang ditunjukkan dengan : a) peningkatan skor rata-rata pada pra tindakan memperoleh skor rata-rta 68,35, siklus I memperoleh skor ratarata 75,45 dan pada sikl us II naik menjadi skor rata-rata 77,09 berarti naik sebesar 1,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode Jigsaw
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20855

Actions (login required)

View Item View Item