HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DENGAN KETERAMPILAN MENARI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL

Djumasa, Nuris Achi Syaftiani (2013) HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DENGAN KETERAMPILAN MENARI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nuris Achi Syaftiani Djumasa 09209241018.pdf

Download (93MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat Intelligence Quotient (IQ) pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kasihan Bantul, (2) mengetahui keterampilan menari yang dimiliki siswa kelas XI di SMA N 1 Kasihan Bantul, (3) menguji signifikansi hubungan Intelligence Quotient (IQ) dengan keterampilan menari pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan desain korelasional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil melalui Simple Random Sampling. Pengumpulan data variabel Intelligence Quotient (IQ) dilakukan dengan bantuan lembaga psikologi terapan paradigma, sedangkan variabel keterampilan menari menggunakan tes penampilan. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis komputer program SPSS diperoleh nilai sebesar 0,354 dengan pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,312 sehingga hipotesis yang berbunyi “Adanya hubungan positif dan signifikan antara Intelligence Quotient (IQ) dengan keterampilan menari” teruji kebenarannya. Dengan demikian, Intelligence Quotient (IQ) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keterampilan menari. Artinya semakin tinggi Intelligence Quotient (IQ) maka akan tinggi pula keterampilan menari siswa kelas XI SMA N 1 Kasihsn Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IQ, keterampilan menari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:07
Last Modified: 29 Jan 2019 23:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item