PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Noni, Angeline Yunita (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Noni Angeline Yunita 07520244061.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA Oleh: Noni Angeline Yunita NIM. 07520244061 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan media Power Point dan Animasi Berbasis Macromedia Flash dengan model Explicit Instruction pada mata pelajaran Desain Grafis kelas XI IPA 1 dan IPA 2 di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Model pembelajaran yang digunakan adalah Explicit Instruction. Media yang digunakan berupa media Power Point dan Animasi berbasis Macromedia Flash. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Yogyakarta dengan sasaran siswa kelas XI IPA dengan jumlah 31 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari beberapa komponen yaitu, perencanan (planning), tindakan (action),pengamatan (observation),dan refleksi (reflection). Penelitian ini dibantu oleh observer atau kolabulator yaitu satu guru mata pelajaran Desain Grafis di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dengan penyajian data melalui tabel, grafik, dan perhitungan presentase. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas model Explicit Instruction pada mata pelajaran desain grafis menggunakan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Yogyakarta yang diterapkan dalam materi penggunaan perangkat lunak pembuat animasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata 82.37 pada tahap pre-test menjadi 89.11 pada tahap siklus I. Model Explicit Instruction pada mata pelajaran desain grafis menggunakan media animasi berbasis macromedia flash dapat lebih meningkatkan hasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Yogyakarta. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata 82.37 pada tahap pretest, menjadi 89.11 pada siklus I, dan menjadi 93.11 pada siklus II. Kata Kunci : Media pembelajaran, model explicit instruction, desain grafis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:06
Last Modified: 29 Jan 2019 23:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20850

Actions (login required)

View Item View Item