ANALISIS KELAYAKAN FASILITAS PRAKTIK DAN PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nirma, Arumpaka (2015) ANALISIS KELAYAKAN FASILITAS PRAKTIK DAN PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nirma Arunpaka 10520241029.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ANALISIS KELAYAKAN FASILITAS PRAKTIK DAN PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh: Nirma Arumpaka NIM. 10520241029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan fasilitas praktik untuk Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah sejumlah 100 siswa Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan sampel penelitian 78 siswa. Sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kelayakan fasilitas praktik untuk Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 telah memenuhi standar kelayakan dengan tingkat pemenuhan sebesar 86,12% untuk kategori prasarana dan sebesar 86,11% untuk kategori sarana dengan rincian perabot sebesar 77,78% (cukup layak), peralatan sebesar 100% (sangat layak), media pendidikan sebesar 66,67% (cukup layak), dan perlengkapan lain sebesar 100% (sangat layak), sehingga secara keseluruhan masuk dalam kategori layak, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 7 Yogyakarta dibuktikan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,373, koefisien determinasi (rxy 2) sebesar 0,139 dan thitung (3,500) > ttabel (1,665). Kata kunci: kelayakan fasilitas praktik, persepsi siswa tentang kinerja guru, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:02
Last Modified: 29 Jan 2019 23:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item View Item