KEBERADAAN TARI SEMA JALALUDDIN RUMI PADA KELOMPOK TARI SUFI JEPARA DI DESA KRIYAN, KECAMATAN KALINYAMATAN, KABUPATEN JEPARA, JAWA TENGAH

Sari, Nila (2013) KEBERADAAN TARI SEMA JALALUDDIN RUMI PADA KELOMPOK TARI SUFI JEPARA DI DESA KRIYAN, KECAMATAN KALINYAMATAN, KABUPATEN JEPARA, JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nila Sari 08209241014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keberadaan Tari Sema Pada Kelompok Tari Sufi Jepara di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah melupti: (1) sejarah, (2) fungsi, (3) bentuk penyajian tari Sema Jalaluddin Rumi pada kelompok Tari Sufi Jepara di Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini yaitu sejarah, fungsi, dan bentuk penyajian tari Sema Jalaluddin Rumi pada kelompok Tari Sufi Jepara di Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Sumber data yang digunakan adalah tari Sema Jalaluddin Rumi pada kelompok Tari Sufi Jepara di Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. 1) Sejarah kelompok Tari Sufi Jepara yaitu berawal pada saat ada acara Jepara Bersholawat pada tahun 2010, bersama Habib Syeh dan Syeh Hisyam Kabbani dari Amerika, yaitu pada saat makhalul qiyam dimana ada beberapa dharwish (murid thoriqoh) menari berputar-putar. 2) Fungsi tari Sema pada kelompok Tari Sufi Jepara, yaitu sebagai media hiburan, sebagai media dzikir dan dakwah. 3) Bentuk penyajian tari Sema pada kelompok Tari Sufi Jepara, yaitu (a) gerak pada tari Sema memiliki 1 ragam gerak dan 5 sikap dasar gerak tari, (b) musik atau iringan yang digunakan tari Sema Jalaluddin Rumi pada kelompok Tari Sufi Jepara adalah berupa dzikir yang mengandung puji-pujian kepada Rasulullah beserta keluarga, para auliya dan permohonan doa kepada Allah SWT, serta puisi–puisi karya Jalaluddin Rumi. Alat musik yang digunakan rebana, gambus, selain itu biasanya juga menggunakan lagu-lagu islami, musik Ney yang didapatkan dari internet, (c) tata rias pada tari Sema pada kelompok Tari Sufi Jepara, para penari tidak menggunakan riasan dan busana yang digunakan kelompok Tari Sufi Jepara secara garis besar sama dengan tari Sema yang ada di Turki, hanya saja lebih berbagai macam warna (d) pola lantai tari Sema pada kelompok Tari Sufi Jepara menyesuaikan panggung pementasan,yang lebih sering digunakan adalah pola lantai lingkaran dan horizontal (e) panggung pertunjukan tari Sema pada kelompok Tari Sufi Jepara dapat dilakukan ditempat mana saja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keberadaan, Tari Sema, Kelompok Tari Sufi Jepara
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:03
Last Modified: 29 Jan 2019 23:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20848

Actions (login required)

View Item View Item