PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TARI PENDET UNTUK EKSPRESI MATA PELAJARAN TARI DI SMP

Astuti, Ni Luh Putu Wiardani (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TARI PENDET UNTUK EKSPRESI MATA PELAJARAN TARI DI SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ni Luh Putu Wiardani Astuti 09209241037.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Produk Multimedia Interaktif Pembelajaran Tari Pendet Untuk Ekspresi Mata Pelajaran tari di SMP, yang tervalidasi oleh ahli materi I, ahli materi II, ahli multimedia, dan siswa calon pengguna dalam mengatasi permasalahan pembelajaran tari Pendet yang merupakan tari tunggal nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama studi pendahuluan, tahap kedua pengembangan produk multimedia, tahap ketiga melakukan uji coba produk. Kualitas Multimedia Pembelajaran yang dikembangkan di pertanggungjawabkan dengan analisis data kuesioner yang diberikan kepada subjek ujicoba. Data tersebut kemudian diubah dalam bentuk skor standar seratus. Multimedia Pembelajaran dinyatakan baik apabila skor ratarata akhir minimal 75. Maka, apabila skor rata-rata akhir kurang dari 75 maka multimedia pembelajaran tersebut dinyatakan kurang baik. Hasil penelitian menunjukan hasil sebagai berikut, hasil evaluasi ahli materi I pada aspek kebenaran konsep dengan skor 80, aspek materi dengan skor 77,78, aspek pembelajaran dengan skor 83,33, maka ketiganya termasuk kategori sangat baik. Hasil evaluasi ahli materi II tahap kedua pada aspek kebenaran konsep dengan skor 90, aspek materi dengan skor 80,56, aspek pembelajaran dengan skor 77,78, maka ketiganya termasuk kategori sangat baik. Hasil evaluasi ahli media tahap kedua pada aspek tampilan dengan skor 95, aspek pemograman dengan skor 100, aspek pembelajaran dengan skor 100, maka ketiganya termasuk kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan terbatas dengan subjek uji coba sebanyak 15 orang pada aspek kebenaran konsep dengan skor 86,68, aspek materi dengan skor 88,8, aspek pembelajaran dengan skor 85,67, maka semuanya termasuk kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan utama dengan subjek uji coba sebanyak 30 orang pada aspek kebenaran konsep dengan skor 88,25, aspek materi dengan skor 89,52, aspek pembelajaran dengan skor 89,33, maka semuanya termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil evaluasi ahli materi I, ahli materi II, dan ahli media, serta uji coba lapangan terbatas dan lapangan utama dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan ini sangat baik digunakan sebagai alternatif multimedia pembelajaran tari tunggal nusantara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, reseach and development, tari Pendet, ekspresi, SMP
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 06:59
Last Modified: 29 Jan 2019 23:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20847

Actions (login required)

View Item View Item