NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM KESENIAN MENOREK DI DESA GENTAWANGI KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

Puspandari, Gita Eptika (2012) NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM KESENIAN MENOREK DI DESA GENTAWANGI KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gita Eptika Puspandari 08209241018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam kesenian Menorek di Desa Gentawangi Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Kesenian Menorek termasuk salah satu jenis kesenian rakyat sholawatan yang berada di Desa Gentawangi Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seniman kesenian Menorek, perangkat desa, dan tokoh masyarakat Gentawangi. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah: a) reduksi data, b) display data, dan c) pengambilan kesimpulan. Dari pembahasan yang telah dilakukan, maka penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut; 1) kesenian Menorek di desa Gentawangi merupakan salah satu kesenian yang berfungsi sebagai sarana dakwah. Bentuk penyajiannya menyerupai kesenian wayang orang gaya Banyumasan yang dalam pementasanya menggunakan dialog serta adanya beberapa peran atau tokoh. Sebelum pementasan diawali dengan tarian Angguk. 2) Sebagai kesenian yang berfungsi untuk media dakwah agama, kesenian Menorek mengadung nilai-nilai pendidikan yang berisi tentang ajaran-ajaran agama Islam untuk kehidupan manusia. Unsur nilai pendidikan tersebut antaralain a) nilai religius, b) nilai etika, c) nilai estetika, dan d) nilai sosial. 3) Kesenian Menorek di desa Gentawangi perlu dilestarikan keberadaanya mengingat peran kesenian tersebut sebagai satu bentuk hiburan yang berisi tentang ajaran dan tuntunan hidup bagi masyarakat di desa Gentawangi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, Kesenian Menorek
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 06:34
Last Modified: 29 Jan 2019 23:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20836

Actions (login required)

View Item View Item