PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF TARI MELINTING UNTUK SMA

Satrianingsih, Aline Rizky Oktaviari (2013) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF TARI MELINTING UNTUK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aline Rizky Oktaviari Satrianingsih 09209241012.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan produk media pembelajaran yang berupa video pembelajaran interaktif tari Melinting untuk SMA ; (2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran interaktif tari Melinting. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang biasa disebut dengan research and development. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 4 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas, sedangkan sampel dipilih secara random sampling, kelas XC dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert bernilai 1-4 dengan kriteria sangat tidak layak, tidak layak, layak, dan sangat layak. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk mengukur kelayakan produk oleh ahli media, ahli materi, dan siswa calon pengguna. Aspek yang dinilai meliputi aspek kebenaran konsep, materi, pembelajaran, tampilan, dan pemrograman. Berdasarkan hasil perhitungan uji validasi media pembelajaran oleh ahli media, ahli materi, dan uji coba kelayakan siswa calon pengguna diperoleh hasil: (1) hasil validasi ahli materi terhadap aspek kebenaran konsep adalah 100, aspek materi adalah 77,5, dan aspek pembelajaran adalah 78. Nilai rata-rata dari ketiga aspek adalah 85 ; (2) hasil validasi ahli media tahap pertama terhadap aspek tampilan adalah 85 dan aspek pemrograman adalah 80. Nilai rata-rata dari kedua aspek validasi tahap pertama adalah 82,5. Sedangkan hasil validasi ahli media tahap kedua terhadap aspek tampilan adalah 95 dan aspek pemrograman adalah 100. Nilai rata-rata dari kedua aspek validasi tahap kedua adalah 97,5 ; (3) hasil rata-rata uji coba kelayakan oleh siswa calon pengguna terhadap aspek tampilan adalah 81,00, terhadap aspek materi adalah 83,50, dan aspek pemrograman adalah 82,83. Nilai rata-rata dari ketiga aspek uji coba kelayakan adalah 83,33.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, tari Melinting, research and development
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:52
Last Modified: 17 Jun 2015 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20830

Actions (login required)

View Item View Item