HUBUNGAN INTENSITAS COOPERATIVE PLAY DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR SE-GUGUS IV KECAMATAN PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Yudiharyanto, - (2015) HUBUNGAN INTENSITAS COOPERATIVE PLAY DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR SE-GUGUS IV KECAMATAN PLERET BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas cooperative play dengan keterampilan sosial siswa kelas tinggi SD se-gugus IV Kecamatan Pleret Bantul tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas tinggi SD se-gugus IV kecamatan Pleret dengan jumlah siswa sebanyak 303 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling dengan ukuran sampel sebanyak 172 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologi. Sebelum digunakan instrument di uji validitasnya melalui expert judgment dan reliabilitasnya dengan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment dengan didahului uji normalitas dan linearitas. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa r hitung = 0,300 > r tabel = 0,148. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas cooperative play dengan keterampilan sosial siswa kelas tinggi SD se-gugus IV Kecamatan Pleret. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan apabila siswa memiliki intensitas cooperative play yang tinggi maka mempunyai keterampilan sosial yang tinggi begitu juga sebaliknya. Kata Kunci : intensitas cooperative play, keterampilan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:20
Last Modified: 29 Jan 2019 23:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20827

Actions (login required)

View Item View Item