PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN

Nanang, Purniawan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
NANANG PURNIAWAN-11505244023.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN Oleh: Nanang Purniawan 11505244023 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran konstruksi bangunan, dengan topik bahasan konstruksi kayu. Produk dari penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash yang dapat dioperasikan dalam semua sistem windows. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Proses penelitian tindakan ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdapat empat langkah tindakan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Untuk media pembelajaran menggunakan empat tahapan yaitu: (1) pendefinisian, (2) perencanaan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah observasi, wawancara, pengamatan kelas, dan angket. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TKBB di SMK Negeri 2 Kebumen. Angket digunakan dalam langkah penilaian validasi dan penilaian kelayakan oleh siswa. Soal pretest dan posttest digunakan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis gain score. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran konstruksi bangunan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash dapat memberikan dampak positif terhadap siswa. Produk media pembelajaran yang digunakan berisi tiga materi pokok yang dilengkapi dengan soal evaluasi. Siklus 1 mendapat masukan dari siswa sebagai berikut: (1) Beberapa kata salah ketik, beberapa gambar yang kabur (pecah), (2) Pembahasan harus detail dan menarik, (3) proses pembelajaran lebih dibimbing, (4) Komputer diperbanyak. Siklus 2 mendapat masukan dari siswa sebagai berikut: (1) Angka pada gambar kurang jelas, (2) Tulisan terlalu banyak, (3) Petunjuk penggunaan media pembelajaran sulit dipahami. Sedangkan untuk siklus 3 tidak ditemukan komentar yang berarti karena media dan proses pembelajaran sudah disempurnakan pada siklus sebelumnya. Hasil pelaksanaan posttest menunjukan peningkatan nilai rerata pada siklus 1, 2, dan 3 secara berurutan sebagai berikut, 78,47; 82,85; dan 83,96. Sedangkan rerata total kenaikan hasil posttest sebesar 49,22 %. Hal ini menunjukan bahwa media memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan berdasarkan analisis gain score termasuk dalam kategori sedang dengan rerata perolehan gain score 0,57. Kata kunci: Penelitian tindakan kelas, media pembelajaran, konstruksi bangunan, konstruksi kayu, Adobe Flash.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 03:48
Last Modified: 29 Jan 2019 23:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20825

Actions (login required)

View Item View Item