PENINGKATAN KOMPETENSI MEMPERBAIKI KERUSAKAN KECIL MESIN JAHIT PADA MATA DIKLAT MELAKSANAKAN PEMELIHARAAN KECIL MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

MURNI, PUJI ARIE (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI MEMPERBAIKI KERUSAKAN KECIL MESIN JAHIT PADA MATA DIKLAT MELAKSANAKAN PEMELIHARAAN KECIL MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Murni Puji Arie 10513241023.pdf

Download (55MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI MEMPERBAIKI KERUSAKAN KECIL MESIN JAHIT PADA MATA DIKLAT MELAKSANAKAN PEMELIHARAAN KECIL MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN oleh : MURNI PUJI ARIE NIM. 10513241023 abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi memperbaiki kerusakan kecil mesin jahit pada mata diklat pemeliharaan kecil dengan metode guided note taking di SMK Ma’arif 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan disain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan tahapan perencanaan - tindakan dan observasi – refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Ma’arif 2 Sleman kelas X Busana Butik B yang berjumlah 28 siswa, dengan subyek penelitian berdasarkan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi keaktifan belajar siswa, dan tes peningkatan kompetensi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian dengan meminta pertimbangan tiga ahli (judgment expert) dan uji reliabilitas menggunakan antar rater. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kompetensi memperbaiki kerusakan kecil mesin jahit, yang ditunjukkan oleh : 1) metode guided note taking pada pembelajaran melaksanakan pemeliharaan kecil dapat terlaksana, dengan tahapan ; guru membagikan handout guided note taking kepada siswa, guru meminta siswa memperhatikan materi pembelajaran yang disampaikan, siswa diminta mengisi bagian handout yang kosong, guru meminta siswa secara acak untuk presentasi membacakan jawabannya di depan kelas, siswa yang lain menanggapi jawaban siswa yang presentasi, guru membuat klarifikasi dan kesimpulan, 2) keaktifan belajar siswa yang pada pra siklus sebesar 51%, meningkat 34% menjadi 85% setelah diberi tindakan, 3) kompetensi belajar meningkat 53% dari pra siklus sampai ke siklus II, terlihat dari dari ketuntasan pada pra siklus 47% atau 11 siswa menjadi 100% atau seluruh siswa memenuhi KKM pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode guided note taking dapat meningkatkan kompetensi memperbaiki kerusakan kecil mesin jahit pada mata diklat melaksanakan pemeliharaan kecil. Kata kunci : kompetensi, guided note taking, melaksanakan pemeliharaan kecil

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 03:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

View Item View Item