EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PAPIN PAPAN PINTAR) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO

Nurjanah, Eka (2015) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PAPIN PAPAN PINTAR) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Eka Nurjanah_11105241004 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan PAPIN dalam meningkatkan minat belajar IPS siswa SD kelas IV dengan memperhatikan adanya perbedaan yang signifikan antara minat belajar IPS siswa SD kelas IV yang memanfaatkan PAPIN dengan yang tidak memanfaatkannya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain Pretest-Posttest Group Design, sehingga peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Subyek penelitian dibagi menjadi dua yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol tidak diberikan perlakuan atau perlakuan yang berbeda untuk mengontrol kelas eksperimen, dan kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan memanfaatkan PAPIN dalam pembelajaran. Keduanya diberikan angket di awal (pretest) dan di akhir (posttest) untuk mengetahui minat belajar IPS di awal dan akhir. Selain dari angket, data penelitian diperoleh dari observasi selama proses pembelajaran berlangsung dan dokumentasi yang berkaitan dengan proses penelitian. Validitas butir instrumen diuji menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus Alpha Cronbrach. Analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis menggunakan uji-t antar kelompok dan diperkuat dengan perhitungan Gain Skor. Hasil uji-t antar kelompok yang diuji menggunakan independent samples t-test dari nilai pretest dan posttest kedua kelompok, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar IPS siswa SD kelas IV yang memanfaatkan PAPIN dengan yang tidak memanfaatkannya dalam pembelajaran. Sedangkan perhitungan Gain Skor digunakan untuk mengetahui keefektifan PAPIN dengan mengetahui ada tidaknya peningkatan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen, menunjukkan bahwa rerata skor minat belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar yang memanfaatkan PAPIN lebih tinggi dibandingkan yang tidak memanfaatkannya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:20
Last Modified: 29 Jan 2019 23:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20811

Actions (login required)

View Item View Item