PENGEMBANGAN MODUL DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL (DDTD) KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Muhammad, Firda Husain (2015) PENGEMBANGAN MODUL DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL (DDTD) KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhammad Firda Husain 09502241002.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL (DDTD) KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh Muhammad Firda Husain NIM. 09502241002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Dasar-Dasar Teknik Digital untuk Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Selanjutnya untuk mengetahui kelayakan modul Dasar-Dasar Teknik Digital sebagai media belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Four-D dari Thiagarajan dan Semmel yang dimodifikasi. Tahapan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti meliputi tiga tahapan awal dari empat tahapan Four-D, yaitu tahapan define (pendefinisian), design (perencanaan), dan develop (pengembangan). Sedangkan tahapan keempat disseminate (penyebarluasan) tidak dilakukan karena lingkup penelitian yang sempit yakni dalam satu sekolah. Pengumpulan data penilaian kelayakan modul menggunakan instrumen berupa angket. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media serta guru mata pelajaran untuk menilai kelayakan modul. Peserta didik juga dilibatkan untuk mendapatkan respon kelayakan modul oleh peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: proses pengembangan modul Dasar-Dasar Teknik Digital berdasarkan tahap define (pendefinisian), design (perencanaan), dan develop (pengembangan). Hasil penilaian tingkat kelayakan modul yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 79,41% (sangat layak). Sedangkan oleh ahli media memperoleh tingkat kelayakan 80,83% (sangat layak). Penilaian tingkat kelayakan oleh dua guru mata pelajaran secara keseluruhan memperoleh 84,87%, (sangat layak). Respon peserta didik terhadap tampilan modul sebesar 83,63% (sangat layak). Berdasar data tersebut dapat disimpulkan modul Dasar-Dasar Teknik Digital layak dan sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kata kunci: modul pembelajaran, dasar-dasar teknik digital.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 02:40
Last Modified: 29 Jan 2019 23:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20810

Actions (login required)

View Item View Item