PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POP-UP MATA PELAJARAN IPA UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS IV SDLB B DI YOGYAKARTA

Aulia Azmi, Aulia A. (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POP-UP MATA PELAJARAN IPA UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS IV SDLB B DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
AULIA AZMI MASNA_11105244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan bahan ajar bagi anak tunarungu, menghasilkan bahan ajar pop-up yang layak digunakan dalam mata pelajaran IPA untuk anak tunarungu kelas IV SDLB B di Yogyakarta dan mengetahui hasil validasi kelayakan oleh ahli serta mengetahui hasil uji coba oleh siswa. Pendekatan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model Sugiyono mengadaptasi model penelitian pengembangan dari Borg and Gall. Tahapan dalam penelitian ini meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dengan ahli materi dan ahli media, revisi produk I, uji coba produk, revisi produk II, uji coba pemakaian, dan revisi produk III. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SDLB B Karnnamanohara, dengan pelaksanaan uji coba melalui dua tahap yaitu uji coba produk dengan 3 subjek, dan uji coba pemakaian dengan 5 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut, (1) Analisis kebutuhan bahan ajar yang dikembangkan mengacu pada karakteristik anak tunarungu kelas IV. (2) Dihasilkan bahan ajar pop-up IPA yang layak dengan pokok bahasan struktur bagian tumbuhan dan fungsinya untuk anak tunarungu kelas IV SDLB B. (3) Hasil validasi oleh dua ahli media memperoleh skor rata-rata 3,59 kategori layak, dan hasil validasi oleh dua ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,81 kategori layak. (4) Respon siswa terhadap bahan ajar berdasarkan hasil uji coba kepada siswa yaitu pada uji coba produk memperoleh skor rata-rata 1 kategori layak. Dan uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 0,98 kategori layak. Hasil keseluruhan uji coba bahan ajar pop-up adalah layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:20
Last Modified: 29 Jan 2019 23:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20809

Actions (login required)

View Item View Item