PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 2 DEPOK PADA MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

Muhamad, Rais Bagus Aulia (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 2 DEPOK PADA MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhamad Rais Bagus Aulia 11505244027.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 2 DEPOK PADA MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING Oleh : Muhamad Rais Bagus Aulia NIM 11505244027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kompetensi belajar aspek afektif pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah siswa SMK Negeri 2 Depok, (2) mengetahui bagaimana model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kompetensi belajar aspek kognitif pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah siswa SMK Negeri 2 Depok, (3) mengetahui bagaimana model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kompetensi belajar aspek psikomotorik pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah siswa SMK Negeri 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Depok dengan jumlah siswa 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, tes untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa dan LKS untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya ketercapaian indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kompetensi pada ketiga aspek yaitu aspek afektif, aspek kognitif dan aspek psikomotor, (1) pada aspek afektif keberhasilan proses pembelajaran terjadi pada pertemuan pertama siklus II, (2) pada aspek kognitif indikator keberhasilan dapat tercapai pada posttest II, (3) pada aspek psikomotorik indikator keberhasilan dapat tercapai pada proses pembelajaran pada pertemuan kedua siklus II yaitu pada LKS 5. Keywords : penelitian tindakan kelas, creative problem solving, peningkatan kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20803

Actions (login required)

View Item View Item