PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT HIASAN BUSANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Mudrikah, Mudrikah (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT HIASAN BUSANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Mudrikah 07513241007.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT HIASAN BUSANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA Mudrikah NIM. 07513241007 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengungkap dan menganalisis 1) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam membuat hiasan busana di SMK N 6 Yogyakarta; 2) motivasi belajar siswa dalam membuat hiasan busana melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMK N 6 Yogyakarta; 3) peningkatan motivasi belajar siswa dalam membuat hiasan busana melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMK N 6 Yogyakarta; 4) pendapat siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran membuat hiasan pada busana dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMK N 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Kelas yang terpilih adalah XI Busana Butik 2 yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas berdasarkan kepada judgement expert dan uji reliabilitas dengan antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam membuat hiasan busana yang dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa (b) menyajikan informasi, (c) mengorganisasikan siswa dalam kelompok kooperatif , (d) diskusi kelompok, (e) evaluasi dan (f) memberikan penghargaan; 2) Motivasi belajar siswa dalam membuat hiasan busana melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw termasuk kategori sangat tinggi yaitu terdapat 19 siswa (63,3%) tergolong sangat tinggi dan 11 siswa (36,7%) tergolong tinggi; 3) Motivasi belajar siswa dalam membuat hiasan busana melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan sebesar 19,35%, terbukti dari nilai rata-rata yang dicapai siklus I 41,5 dan meningkat menjadi 49,3 pada siklus II; 4) Menurut pendapat siswa pelaksanaaan pembelajaran membuat hiasan busana dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat menyenangkan,terbukti terdapat 26 siswa (86,7%) tergolong sangat senang dan 4 siswa (13,3%) tergolong senang. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu motivasi belajar siswa dalam membuat hiasan busana meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terbukti. Artinya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa menunjukkan minat, perhatian dan semangat yang tinggi, besarnya usaha belajar siswa serta ketepatan penyelesaian tugas yang diberikan oleh guru. Kata Kunci : Motivasi belajar, membuat hiasan busana, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw viii KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 02:00
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20801

Actions (login required)

View Item View Item