PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA KELAS X DI MAN GODEAN

Monika, Fadjar Tri Nurdiani (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA KELAS X DI MAN GODEAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
monika Fajar Tri Nurdiani-10513241036.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA BLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA KELAS X DI MAN GODEAN Oleh: Monika Fadjar Tri Nurdiani NIM 10513241036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan kompetensi membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana di MAN Godean, 2) peningkatan kompetensi membuat pola blus pada mata pelajaran KHM busana pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan di MAN Godean, Sleman dengan subjek penelitian adalah 10 siswa pada kelas X 1 KHM Busana. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian sikap, lembar pelaksanaan pembelajaran, lembar unjuk kerja dan tes uraian. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert),seperti ahli model pembelajaran, ahli materi dan guru KHM Busana. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan nilai 0.852 untuk lembar penilaian sikap, 0.831 untuk penilaian unjuk kerja dan 0.635 untuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan : 1) penerapan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pada materi membuat pola blus dilaksanakan 2 siklus. Pembelajaran ini diawali dengan kegiatan pendahuluan. Pada kegiatan inti terdiri dari tahapan penyajian materi, tahap kerja kelompok, tahap tes individu. Kegiatan penutup yaitu penghitungan skor individu, evaluasi dan pemberian penghargaan kepada kelompok dengan nilai tertinggi. Perbaikan dilakukan pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran membuat pola blus pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. 2) kompetensi siswa meningkat dengan signifikan, pada pra siklus hanya 10% atau 1 siswa yang sudah memenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama kompetensi siswa meningkat menjadi 60% atau 6 siswa yang sudah memenuhi KKM, dan setelah tindakan pada siklus kedua kompetensi siswa 100% atau seluruh siswa sudah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan kompetensi membuat pola blus mata pelajaran KHM busana kelas X di MAN godean. Kata Kunci : kompetensi, membuat pola blus, kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 01:56
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20800

Actions (login required)

View Item View Item