HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI GURU TENTANG TEAM TEACHING, SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEAM TEACHING DAN GAYA BELAJAR SISWA, TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Alina, Derizha (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI GURU TENTANG TEAM TEACHING, SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEAM TEACHING DAN GAYA BELAJAR SISWA, TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN_ANTARA_PERSEPSI_GURU_TENTANG_TEAM_TEACHING,_SIKAP.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang team teaching, sikap siswa terhadap pembelajaran matematika team teaching, dan pengaruh persepsi guru tentang team teaching terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh antara sikap siswa terhadap pembelajaran matematika team teaching dan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian persepsi guru tentang team teaching terhadap prestasi belajar siswa adalah 10 kelompok guru dengan model team teaching dan 10 kelas yang diajarkan dengan team team teaching, sedangkan penelitian sikap siswa terhadap pembelajaran matematika team teaching dan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah seluruh kelas XI IPS yaitu 106 dengan sampelnya adalah 80 siswa MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti, angket persepsi guru tentang team teaching, angket sikap siswa terhadap pembelajaran matematika team teaching, angket gaya belajar siswa dan tes Tengah Semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran matematika team teaching berkriteria cukup baik hal ini ditunjukan dengan interval rata-rata data observasi yaitu 23,17 terhadap rata-rata ideal yaitu 20 dan simpangan baku ideal yaitu 6,6 berada di interval al 20 < xobservasi ≤ 23,3yaitu cukup baik., sedangkan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika team teaching juga berkriteria cukup baik ditunjukkan dengan perolehan rata-rata adalah 45,19 berada pada interval 45 < xobservasi ≤ 52,5terhadap rata-rata ideal yaitu 45 dan simpangan baku ideal yaitu 15. Persepsi guru tentang team teaching berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa tampak dari persamaan regresi yaitu 2 1 Y = 55,250 + 0,375X . Jika setiap peningkatan persepsi guru tentang team teaching sebesar 0, 001 maka prestasi belajar siswa menurun pula sebesar 0, 375. Hipotesis kedua didapat nilai hitung t adalah 1, 265 dan tabel t adalah 1,991 sehingga hitung tabel t < t (1, 265 < 1,991) jadi dapat disimpulkan bahwa sikap siswa terhadap pembelajaran matematika team teaching tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Untuk hipotesis ketiga didapat hitung t adalah 1, 28 dengan tabel t sama yaitu 1,991 sehingga hitung tabel t < t (1, 28 <1,991) kesimpulannya adalah bahwa gaya belajar siswa tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Secara bersama-sama sikap siswa terhadap pembelajaran matematika team teaching dan gaya belajar siswa juga tidak mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa hal ini ditunjukkan atas hasil perhitungan analisis jalur dimana y1x2 p = - 0,144 dan y1x3 p = 0,20.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:56
Last Modified: 19 Jul 2012 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item