PENGARUH DAYA TARIK IKLAN MAKANAN INSTAN DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAKANAN PADA MAHASISWA KOS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BOGA FT UNY

Mita, Kuroifah (2015) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN MAKANAN INSTAN DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAKANAN PADA MAHASISWA KOS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BOGA FT UNY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Mita Kurifah 09511241034.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH DAYA TARIK IKLAN MAKANAN INSTAN DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAKANAN PADA MAHASISWA KOS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BOGA FT UNY Oleh: Mita Kuroifah NIM 09511241034 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui daya tarik iklan makanan instan di televisi, (2) Mengetahui perilaku konsumsi makanan pada mahasiswa kos Prodi Pendidikan Teknik Boga FT UNY, (3) Mengetahui pengaruh daya tarik iklan makanan instan di televisi pada mahasiswa kos Prodi Pendidikan Teknik Boga FT UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif asosiatif dengan metode survey. Penentuan populasi mengunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini mempunyai karakteristik sebagai berikut: (1) mahasiswa pegkonsumsi mie instan dan fast food, (2) subjek merupakan mahasiswa kos, (3) subjek merupakan mahasiswa prodi pendidikan teknik boga FT UNY. Jumlah populasi sebanyak 80 mahasiswa dengan metode screening awal. Jumlah sampel sebanyak 65 mahasiswa ditentukan dengan metode Isaac Michael. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment dan dinyatakan valid semua. Reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan dinyatakan reliabel semua. Data dikumpulkan dengan angket dan tes. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas mengunakan rumus Kolmogorov-Smirnov, dan dengan uji linearitas menggunakan rumus uji F. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Data dikerjakan dengan menggunakan program SPSS 13.00. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) daya tarik iklan makanan instan di televisi dikategorikan sedang dan daya tarik paling tinggi terdapat pada suara jelas, tampilan jelas, gerakan jelas, efektif, dan efisien, (2) perilaku konsumsi pada produk makanan instan dapat dikategorikan sedang. Pengetahuan dikategorikan sedang, sikap dikategorikan sedang dan tindakan yang merupakan action dari perilaku dikategorikan tinggi. Tingkat konsumsi mie instan selama 1 minggu berturut-turut dikategorikan sedang, sedangkan konsumsi fast food dikategorikan rendah, 3) pengaruh daya tarik iklan terhadap perilaku konsumsi sebesar 13,3%, sedangkan yang 86,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya diantaranya keluarga, pendapatan orang tua, jumlah uang saku, pendidikan, sosial, budaya, teman. Kata kunci: Daya tarik iklan televisi, iklan makanan instan, perilaku konsumsi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 01:42
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20796

Actions (login required)

View Item View Item