Pengembangan Media Animasi Berbasis Android Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA K

Juwarti, Juwarti (2015) Pengembangan Media Animasi Berbasis Android Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA K. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-juwarti-13708251010.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran biologi pada materi sistem saraf berbasis android untuk siswa SMA kelas XI yang layak digunakan sebagai sumber belajar di kelas maupun di luar kelas (2) mengetahui peningkatan sikap ilmiah peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan media animasi berbasis android dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media animasi berbasis android. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu studi pendahuluan, desain produk, pengembangan produk, revisi, produk akhir. Populasi penelitian adalah peserta didik Siswa SMA kelas XI. Subjek Coba dalam penelitian ini adalah 55 orang, terdiri atas 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang ahli kependidikan, 1 orang guru biologi, 3 orang teman sejawat, 3 orang uji coba satu-satu, 15 orang uji coba kelompok kecil dan 30 orang peserta didik uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data adalah lembar angket, lembar observasi, lembar soal pretes dan posttes. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. 1) Media animasi berbasis android hasil pengembangan ditinjau dari aspek materi berkriteria baik, aspek desain dan strategi pembelajaran berkriteria baik, aspek teknik dan tampilan berkriteria sangat baik. 2) sikap ilmiah peserta didik berdasarkan angket sikap ilmiah pada uji coba lapangan berkriteria sedang. Sedangkan berdasarkan hasil observasi sikap ilmiah peserta didik pada uji coba lapangan sangat bagus ditunjukkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Selanjutnya ketuntasan pada hasil belajar sebesar 0% meningkat menjadi 70%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media animasi berbasis android materi sistem saraf hasil pengembangan layak digunakan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media animasi, android, sistem saraf, sikap ilmiah, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:20
Last Modified: 09 May 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20795

Actions (login required)

View Item View Item