Pengaruh Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul

Viriyanto, Mulat (2015) Pengaruh Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mulat-viriyanto-12703254017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) besarnya pengaruh supervisi pengawas terhadap motivasi kerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul; 2) besarnya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul; 3) besarnya pengaruh supervisi pengawas terhadap kinerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul; 4) besarnya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul; 5) besarnya pengaruh supervisi pengawas terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul; dan 6) besarnya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui motivasi guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Pendekatan yang digunakan dalam analisis data adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 185 guru. Dari 185 populasi diambil sampel sebesar 126 guru. Sumber data adalah data primer. Pengukuran variabel mengggunakan skala Likert. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, dengan jawaban berskala 1-4, terdiri atas 80 butir pertanyaan. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini adalah: 1) tidak ada pengaruh signifikan supervisi pengawas terhadap motivasi kerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul; 2) ada pengaruh signifikan kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul, dengan sumbangan efektif sebesar 38,5%; 3) ada pengaruh signifikan supervisi pengawas terhadap kinerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul, dengan sumbangan efektif sebesar 49,8%; 4) ada pengaruh signifikan kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul, dengan sumbangan efektif 40%; 5) ada pengaruh signifikan supervisi pengawas terhadap kinerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul melalui motivasi kerja, dengan sumbangan efektif 31,4 %; dan 6) ada pengaruh signifikan kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MI Negeri di Kabupaten Gunungkidul melalui motivasi kerja, dengan sumbangan efektif 12,2%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: supervisi pengawas, kepemimpinan kepala madrasah, motivasi kerja, dan kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:20
Last Modified: 26 Dec 2022 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20793

Actions (login required)

View Item View Item